Menjadi Sukses adalah Impian, Menjadi Blogger adalah Pilihan.

Catatan Kecil bagi Peserta Makumpala Blog Design Competition 2011

Masih terkait dengan tulisan saya sebelumnya mengenai pengumuman para pemenang dalam kegiatan Makumpala Blog Design Competition 2011, maka pada kesempatan ini saya selaku salah satu juri ingin memberikan catatan-catatan kecil mengenai sistem perlombaan dan kriteria penilaian. Diharapkan untuk kedepannya, para peserta bisa lebih mempersiapkan diri sehingga untuk kegiatan-kegiatan sejenis berikutnya dapat lebih siap dalam menghadapinya. Ada beberapa hal yang akan saya jelaskan satu per satu dibawah ini, antara lain:

1. PENUHI SEMUA PERSYARATAN YANG TELAH DITENTUKAN

Unsur penilaian pertama yang dilihat adalah dari persyaratan dalam lomba apakah sudah terpenuhi atau tidak. Dalam hal ini setiap tim harus membuat postingan minimal sebanyak 10 buah, melakukan modifikasi header, membuat satu tulisan mengenai potensi pariwisata di Kabupaten Kubu Raya, memasang link para sponsor, menyebutkan link sumber apabila gambar pendukung tulisan diambil dari orang lain, serta kesesuaian tampilan blog dan tulisan dengan tema lomba.

2. PERSIAPKAN GARIS BESAR TULISAN SERTA GAMBARAN DESAIN JAUH HARI SEBELUMNYA

Pada saat technical meeting, sudah diinformasikan kepada para peserta mengenai aturan-aturan umum pelaksanaan lomba. Dari sini sebenarnya para peserta sudah bisa mempersiapkan mengenai apa-apa saja yang harus dipersiapkan dalam menghadapi lomba tersebut. Menurut saya, waktu lomba yang diberikan tidaklah cukup jika kita tidak benar-benar memperhitungkan semua aspek yang ada. Memang sistem lomba yang digunakan adalah on the spot, namun membuat garis-garis besar tulisan sebelumnya tidak dilarang bukan?. Jadi pada saat lomba dimulai kita sudah bisa langsung mulai menerjemahkan garis-garis besar tulisan tersebut menjadi sebuah tulisan.

3. PRIORITAS FOKUS DI TULISAN TERLEBIH DAHULU

Dari semua peserta, pada saat penilaian ada beberapa diantaranya baru menyelesaikan 1-2 postingan saja. Padahal syarat wajibnya adalah 10 postingan, begitu ditanya ternyata mereka menjawab bahwa sebenarnya semua postingan sudah siap dan siap dipublish. Namun karena kelamaan mengurus script dan melakukan modifikasi tampilan blog, waktu mereka terbuang percuma disitu. Ujung-ujungnya, postingan tidak terpublish, tampilan blog tidak selesai, dan yang pasti nilai yang diperoleh tidak akan bisa optimal. Benar ngga?

4. PERENCANAAN KOORDINASI DAN STRATEGI TIM YANG MATANG

Salah satu tujuan diterapkannya sistem tim disini adalah untuk melihat sejauh mana koordinasi yang telah dilakukan para peserta dan strategi apa yang akan digunakan dalam menghadapi waktu lomba yang singkat. Dalam waktu kurang lebih 3 jam mereka harus bisa melakukan 3 pekerjaan sekaligus yaitu: membuat dan menentukan nama blog, melakukan modifikasi tampilan blog, membuat 10 postingan, dan memasang link-link terkait perlombaan. Jika hal ini tidak dikoordinasikan secara matang, maka masing-masing bagian dari tim akan merasa bingung dengan apa yang harus dilakukannya.

Nah, demikian beberapa catatan kecil dari saya selaku salah juri dalam kegiatan Makumpala Blog Design Competition 2011. Semoga apa yang sudah dituliskan disini dapat bermanfaat bagi pengembangan para peserta kedepannya dan juga bermanfaat bagi siapa saja yang membacanya. Aminnn… (DW)

DAPATKAN INFO TERBARU SHARING BLOG
Masukkan Alamat Email Anda untuk Dapatkan Info Terbaru Mengenai Sharing Blog
# Data Email Anda Tidak Akan Disebarluaskan #

Leave A Reply

Your email address will not be published.