Menjadi Sukses adalah Impian, Menjadi Blogger adalah Pilihan.

Nobar #AsaDessa Pontianak, Kolaborasi antara RTIK Kalbar dan LPS-AIR

BLOGGERBORNEO.COM – Tepat setelah kurang lebih seminggu mengajukan permohonan untuk memperoleh paket DVD film dokumenter yang berjudul ASADESSA, paket kiriman yang diharapkan pun tiba di lokasi tujuan dua hari lalu (Senin, 06/07/2015). Sebenarnya tujuan awal Blogger Borneo selaku Ketua Relawan TIK Kalimantan Barat meminta paket tersebut dikirim rencananya akan diputar bersamaan dengan penyelenggaraan acara buka puasa bersama Komunitas Blogger Pontianak yang Insya Allah akan diselenggarakan pada hari Sabtu, 11/07/2015 di Aula Telkom BLC Pontianak. Namun rencana tersebut harus berubah karena begitu Blogger Borneo menginformasikan mengenai paket kiriman DVD ASADESSA ini via Facebook, Kang Deman Huri selaku Direktur LPS-AIR langsung merespon positif dengan memberikan sesi waktu tersendiri untuk pemutaran film tersebut di hari terakhir kegiatan Konsolidasi Radio Komunitas Kalimantan Barat yang dilaksanakan selama dua hari dari tanggal 7-8 Juli 2015 bertempat di meeting room MyHome Pontianak.

Paket DVD Film Dokumenter Assadesa Pontianak
Paket DVD Film Dokumenter Assadesa Pontianak

Sebagai kalimat pengantar, LPS-AIR merupakan sebuah lembaga yang selama ini selalu aktif dan dinamis dalam melakukan capacity building bagi penggiat media lokal, media komunitas, radio komunitas, pers kampus, penerbitan media, Watch Media, Gerakan Anti Korupsi, dengan maksud membangun kesadaran kritis para konsumen media yang bisa berfungsi sebagai pengawal pelayanan publik. Selain itu, LPS-AIR dalam aktivitas rutinnya juga melakukan penelitian dan penerbitan tentang perkembangan media serta mendorong kebebasan memperoleh informasi di tingkat lokal.

Nobar Assadesa Pontianak - LPS Air Radio Komunitas
Nobar Assadesa Pontianak – LPS Air Radio Komunitas (Sumber: Dok. Pribadi)

Tepat pada pukul 16.15 Blogger Borneo hadir di kegiatan tersebut, sesuai rencana setelah para peserta Konsolidasi Radio Komunitas Kalimantan Barat 2015 selesai melaksanakan kegiatan, agenda selanjutnya adalah Nonton Bareng Film ASADESSA.

Seperti dikutip dari salah satu halaman blog miliknya Kang Matahari Timoer yang berjudul ASADESSA, dapat diketahui bahwa ASADESSA adalah sebuah film dokumenter tentang gerakan warga desa dalam membangun negerinya sendiri. Film ini memuat pesan yang amat kontekstual dengan tren yang belakangan ini santer, yaitu ocehan tentang smart village, smart city, smart community, smart ecosystem, dan bla-bla-bla lainnya.

Berikut Trailer Film ASADESSA:

httpv://youtu.be/H_BoQC90HZI

Kang MT, demikian panggilan akrabnya menambahkan bahwa di tengah ocehan para pakar yang tentang teori menjadi smart, beberapa desa menjalankan inisiatifnya sendiri. Mereka tak mengenal teori perubahan, mereka tak pernah membaca teori para konsultan smart city tentang people, process, dan technology. Mereka didorong oleh kebutuhan dan tuntutan zaman, bahwa desa harus menjadi teladan pemerintahan yang bersih, akuntabel, transparan, dan efektif. Dengan dukungan para relawan dari Gerakan Desa Membangun dan Relawan TIK Indonesia, desa-desa tersebut menjalankan inisiatif secara gotong-royong.

Nobar Assadesa Pontianak - LPS Air Radio Komunitas
Nobar Assadesa Pontianak – LPS Air Radio Komunitas (Sumber: Dok. Pribadi)
Menurut daftar absen yang diperoleh, ada sekitar 28 orang peserta hadir dalam kegiatan konsolidasi tersebut. Kesemua peserta merupakan wakil dari beberapa desa di Kalimantan Barat yang selama ini aktif dalam program Radio Komunitas dimana LPS-AIR menjadi satu-satunya lembaga pendamping mereka hingga saat ini. Para peserta tampak antusias menonton film berdurasi hampir 1 jam ini. Dalam film yang diproduksi oleh ICT Watch bekerjasama dengan Relawan TIK Indonesia dan didukung oleh beberapa pihak, seperti: APJII, Domain.ID, HiVos, Ford Foundation, KEMKOMINFO, Desa Membangun, Digital Media Technology, dan Kementerian Pemuda dan Olahraga ini menceritakan beberapa pengalaman dari desa-desa di Indonesia yang telah berhasil memanfaatkan media internet secara aktif dan aplikatif.
Nobar Assadesa Pontianak - LPS Air Radio Komunitas
Nobar Assadesa Pontianak – LPS Air Radio Komunitas (Sumber: Dok. Pribadi)

Karena waktunya sangat mepet dengan saat berbuka puasa maka tidak ada dilakukan sesi tanya jawab dengan para peserta. Pada sesi penutupan, diharapkan setelah menonton film ASADESSA para peserta yang notabene merupakan wakil dari desanya masing-masing dapat termotivasi untuk melakukan hal yang sama. Dan Blogger Borneo selaku Ketua Relawan TIK Kalimantan Barat berharap kedepannya dapat terjalin kerjasama aktif dan positif dengan lembaga-lembaga lokal yang memiliki visi dan misi sama seperti LPS-AIR. Khusu buat Kang Deman, terima kasih banyak atas waktu dan kesempatan yang telah diberikan yach… Salam sukses dan tetap semangat… (DW)

DAPATKAN INFO TERBARU SHARING BLOG
Masukkan Alamat Email Anda untuk Dapatkan Info Terbaru Mengenai Sharing Blog
# Data Email Anda Tidak Akan Disebarluaskan #

Leave A Reply

Your email address will not be published.