Pelatihan Digital Marketing adalah program pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan seseorang dalam menggunakan media digital untuk memasarkan produk atau layanan.

Pelatihan Digital Marketing ini dirancang untuk memperkenalkan peserta dengan berbagai teknik, strategi, dan alat Digital Marketing yang dapat membantu perusahaan untuk mencapai tujuan pemasaran mereka melalui media digital.

Pelatihan Digital Marketing Pontianak

Secara umum, ketika mempelajari Digital Marketing maka akan ada berbagai topik dibahas nantinya. Beberapa materi yang diberikan pada saat pelatihan Digital Marketing, antara lain:

  • SEO (Search Engine Optimization): Teknik dan strategi untuk meningkatkan visibilitas situs web perusahaan pada mesin pencari seperti Google.
  • SEM (Search Engine Marketing): Strategi untuk mempromosikan situs web perusahaan melalui iklan berbayar pada mesin pencari.
  • SMM (Social Media Marketing): Teknik dan strategi untuk mempromosikan produk atau layanan melalui platform media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram.
  • Email Marketing: Teknik dan strategi untuk mempromosikan produk atau layanan melalui email.
  • Content Marketing: Strategi untuk membuat dan membagikan konten yang berguna dan menarik untuk menarik perhatian pelanggan dan meningkatkan visibilitas merek.
  • Mobile Marketing: Strategi untuk mempromosikan produk atau layanan melalui perangkat mobile seperti smartphone dan tablet.

Pelatihan Digital Marketing biasanya terbuka untuk siapa saja yang tertarik, termasuk pemilik bisnis, profesional pemasaran, dan individu yang ingin memulai karir di bidang pemasaran digital.

Pelatihan ini dapat diberikan dalam berbagai format, seperti pelatihan online atau pelatihan langsung dengan instruktur yang berkualitas tinggi.

Pelatihan Digital Marketing dapat membantu individu dan perusahaan untuk memahami dan menerapkan teknik dan strategi pemasaran digital yang efektif.

Dengan memperoleh keterampilan dan pengetahuan ini, individu dan perusahaan dapat meningkatkan visibilitas, mengembangkan merek, dan memperoleh keunggulan kompetitif di pasar.

Standar Materi Pelatihan

Mengacu kepada Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI), maka standar materi yang diberikan pada saat Pelatihan Digital Marketing, adalah sebagai berikut:

No Kode Unit Judul Unit Standar Kompetensi
1 M.702090.001.01 Mengidentifikasi Elemen Pemasaran Perusahaan SKKNI Pemasaran Nomor 389 Tahun 2013
2 J.63OPR00.001.2 Menggunakan Perangkat Komputer SKKNI Pengoperasian Komputer Nomor 56 Tahun 2018
3 J.63OPR00.010.2 Menggunakan Aplikasi Media Sosial SKKNI Pengoperasian Komputer Nomor 56 Tahun 2018
4 J.63OPR00.007.2 Menggunakan Penelusur Situs Web SKKNI Pengoperasian Komputer Nomor 56 Tahun 2018
5 M.702090.004.01 Melakukan Pendekatan Kepada Calon Pelanggan SKKNI Pemasaran Nomor 389 Tahun 2013
6 M.731000.001.01 Membuat Perencanaan Periklanan SKKNI Periklanan Nomor 351 Tahun 2014
7 M.731000.003.01 Merancang Strategi Kreatif dan Pembuatan Iklan SKKNI Periklanan Nomor 351 Tahun 2014
8 M.731000.004.01 Merancang Strategi dan Pembelian Media SKKNI Periklanan Nomor 351 Tahun 2014
9 M.702090.006.01 Menyusun Rencana Aktifitas Penjualan SKKNI Pemasaran Nomor 389 Tahun 2013
10 M.702090.005.01 Melaksanakan Keterampilan Penjualan SKKNI Pemasaran Nomor 389 Tahun 2013

Sumber: https://lspdigital.id/skema/1/digital-marketing

Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) adalah rumusan kemampuan kerja yang mencakup aspek pengetahuan, keterampilan, dan/atau keahlian serta sikap kerja yang relevan dengan pelaksanaan tugas dan syarat jabatan yang ditetapkan.

SKKNI dikembangkan melalui konsultasi dengan industri terkait, untuk memastikan kesesuaian kebutuhan di tempat kerja. SKKNI digunakan terutama untuk merancang dan mengimplementasikan pelatihan kerja

Profil LKP Cerdas Berdaya

Pelatihan Merakit Komputer Pontianak

Pelatihan Digital Marketing ini merupakan salah satu pelatihan yang dimiliki oleh Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Cerdas Berdaya. LKP Cerdas Berdaya sendiri didirikan oleh Dezan Taruna Jaya founder Betukang.ID dengan program yang diselenggarakan adalah Teknologi Informasi.

LKP Cerdas Berdaya telah mengantongi izin operasional dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu (BPMPT) Kabupaten Kubu Raya dan telah mendapatkan Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kubu Raya.

Secara umum, LKP Cerdas Berdaya merupakan lembaga kursus dan pelatihan yang menyelenggarakan Kursus Digital Marketing di Kalimantan Barat. Secara khusus, juga bisa memberikan untuk wilayah:

  • Kursus Digital Marketing Pontianak;
  • Kursus Digital Marketing di Kubu Raya;
  • Kursus Digital Marketing di Singkawang;
  • Kursus Digital Marketing di Sintang;
  • Kursus Digital Marketing di Ketapang;
  • Kursus Digital Marketing di Wilayah Lainnya.

Selain menyelenggarakan Pelatihan Digital Marketing, LKP Cerdas Berdaya juga membuka Kursus Microsoft Office, Pelatihan Merakit Komputer, dan kedepannya akan terus ditambah program pelatihannya menyesuaikan kebutuhan masyarakat khususnya di wilayah Kabupaten Kubu Raya.

Kesimpulan

Melihat kondisi saat ini dimana perkembangan teknologi informasi terjadi dengan begitu cepat membuat para pencari kerja tidak bisa berharap sepenuhnya untuk dapat memperoleh pekerjaan di jalur formal. Oleh karena itu, memiliki softskills sekarang telah menjadi kebutuhan.

Ketika dulu di era konvensional, masih banyak profesi bisa dilakukan dan dikerjakan secara manual, sekarang justru profesi-profesi tersebut mulai ditinggalkan karena sudah kurang sesuai dengan kebutuhan para pemberi kerja saat ini.

Jika diperhatikan, terdapat 10 jenis profesi di era digital yang sangat dibutuhkan untuk saat ini dan salah satu diantaranya adalah Digital Marketer. Bagi yang merasa penasaran mengenai profesi di era digital tersebut, dapat membaca secara lengkap ulasannya di Blogger Borneo Network. (DW)