BloggerBorneo.Com
Blog ini membahas mengenai bisnis online, digital marketing, personal branding, dan akuntansi keuangan. Info kerjasama: 0811561982 (WA)

12 Rekomendasi Koin Kripto Tahun 2022 yang Berpotensi Memberikan Keuntungan

Fenomena kemunculan koin-koin kripto dalam beberapa tahun terakhir telah memperlihatkan bagaimana investasi mata uang digital ini sekarang sedang naik daun dan dimanfaatkan oleh para trader untuk mendapatkan keuntungan.

Perkembangan Mata Uang Kripto

Mungkin pada mulanya tidak akan ada yang mengira bahwa dalam kurun waktu sepuluh tahun, koin kripto Bitcoin yang pada saat dibuat pertama kali hanya bernilai tidak sampai USD1 sekarang telah mengalami peningkatan berpuluh-puluh kali lipat.

Dari kisah koin kripto Bitcoin ini kemudian diikuti oleh munculnya beberapa jenis koin kripto lainnya, seperti: Ethereum, Tether, Binance, dan lain sebagainya. Dan jika dihitung-hitung mungkin untuk saat ini telah ada ribuan jenis cryptocurrency yang berbeda.

Tentu saja dari sudut pandang para trader, fenomena ini dianggap sebagai sebuah peluang dimana ketika Bitcoin saja bisa bernilai hampir satu miliar, tentu saja kondisi tersebut juga bisa terjadi pada koin-koin kripto lainnya.

Melihat pergerakan pasar cryptocurrency di tahun 2021 yang total kapitalisasi pasarnya mampu melampaui hingga US$3 triliun, sudah dapat disimpulkan di tahun 2022 investasi di mata uang digital ini masih cukup menjanjikan.

Untuk saat ini, token blue-chip seperti Bitcoin dan Ether sudah tidak asing lagi bagi siapa saja. Jika Anda ingin turut serta menjadi bagian dari ekosistem cryptocurrency yang menguntungkan, hal utama harus dilakukan adalah selalu mengikuti perkembangan info crypto terbaru.

Rekomendasi Cryptocurrency

Di awal tahun 2022, dapat dilihat rekomendasi mata uang kripto pilihan yang masih memiliki potensi memberikan keuntungan bagi para imvestor. Hal ini didapat berdasarkan data kapitalisasi pasar yang dikeluarkan oleh CoinMarketCap.Com per Desember 2021.

Adapun mata uang kripto rekomendasi tersebut, antara lain:

1. Bitcoin (BTC)

Sebagai mata uang kripto yang pertama kali muncul, Bitcoin (BTC) sampai saat ini telah menjadi rujukan. Hal ini ditunjukkan dari nilai kapitalisasi pasarnya di tahun 2021 mencapai angka 901 miliar dolar, paling besar diantara cryptocurrency yang lain. Meskipun sampai detik ini masih belum diketahui pasti siapa penciptanya, harga Bitcoin terus melesat bak roller coaster.

2. Ethereum (ETH)

Setelah Bitcoin, posisi kedua mata uang kripto diisi oleh Ethereum (ETH) dengan nilai kapitalisasi pasar di tahun 2021 sebesar 472 miliar dolar. Melalui platform khususnya, Ether dapat melakukan sejumlah fungsi dan memiliki aspek kontrak pintar. Hal ini yang membuat Ethereum menjadi mata uang digital yang populer.

3. Koin Binance (BNB)

Koin Binance (BNB) menjadi mata uang kripto ketiga yang masuk dalam daftar rekomendasi. Meskipun awalnya dibuat sebagai token untuk membayar perdagangan yang didiskon, sekarang mata uang kripto yang memiliki nilai kapitalisasi di tahun 2021 sebesar 94 miliar dolar ini juga dapat digunakan untuk pembayaran serta pembelian berbagai barang dan jasa.

4. Tether (USDT)

Tether (USDT) disebut juga sebagai stablecoin karena terikat dengan nilai aset mata uang tertentu yaitu dolar Amerika Serikat (USD). Oleh karena itu nilainya sama dengan USD1. Tether umumnya digunakan sebagai media ketika pedagang berpindah dari satu kripto ke kripto lainnya. Nilai kapitalisasi USDT di tahun 2021 mencapai angka 76 miliar dolar.

5. Solana (SOL)

Meskipun masuk dalam mata uang kripto yang baru diluncurkan, tepatnya pada bulan Maret 2021, Solana (SOL) mampu menyelesaikan transaksi dan kekokohan keseluruhan platform skala web dengan cepat. Penerbitan mata uang yang pada tahun 2o21 mencapai angka kapitalisasi 53 miliar dolar ini dibatasi hanya 480 juta koin saja.

6. Cardano (ADA)

Hampir sama dengan Ethereum (ETH), mata uang kripto yang tahun 2021 memiliki nilai kapitalisasi 42 miliar dolar ini juga menggunakan sistem kontrak pintar dan mendukung manajamen identitas. Hal ini memungkinkan dilakukannya perubahan, inovator, dan visioner. Secara global membawa perubahan positif dengan mengacu pada keamanan dari suatu kerangka desain yang berlapis.

7. Koin USD (USDC)

Seperti Tether, Koin USD adalah stablecoin nilai tukarnya berpatokan pada dolar Amerika Serikat. Menurut pendirinya, koin USD didukung oleh aset yang sepenuhnya dipesan atau yang memiliki nilai wajar yang setara sehingga tidak bersifat fluktuatif. Di tahun 2021 aset mata uang digital memiliki nilai kapitalisasi pasar 41 miliar dolar.

8. XRP (XRP)

Dikenal sebelumnya sebagai Ripple, mata uang kripto yang dibuat pada tahun 2012 ini menawarkan cara untuk membayar dalam banyak mata uang dunia nyata yang berbeda. Ripple (XRP) dapat berguna dalam transaksi lintas batas dengan menggunakan mekanisme tanpa kepercayaan untuk memfasilitasi pembayaran. Nilai kapitalisasi pasar tahun 2021 XRP mencapai 39 miliar dolar.

9. Polkadot (DOT)

Polkadot (DOT) merupakan mata uang digital yang menghubungkan teknologi blockchain dari berbagai cryptocurrency. Polkadot diciptakan oleh salah satu pendiri Ethereum pada bulan Mei 2020. Saat itu beberapa pengamat industri menyakini Polkadot muncul karena ingin melengserkan Ethereum (ETH). DOT masuk dalam urutan ke-9 dengan nilai kapitalisasi pasar 26 miliar dolar.

10. Terra (LUNA)

Menggunakan mata uangnya Luna, Terra adalah platform yang membantu mendukung berbagai stablecoin berdasarkan mata uang biasa seperti dolar atau euro. Terra membantu menstabilkan harga stablecoin melalui berbagai cara teknis, dan juga mendukung kontrak pintar. Nilai kapitalisasi LUNA di tahun 2021 mencapai 24 miliar dolar.

11. Dogecoin (DOGE)

Bermula dari lelucon sesaat setelah kenaikan Bitcoin, mata uang digital dengan nilai kapitalisasi pasar tahun 2021 ini mencapai angka 22 miliar dolar ini mengambil namanya dari meme internet yang menampilkan seekor anjing Shiba Inu. Tidak seperti mata uang digital lain yang membatasi jumlah koinnya, Dogecoin diterbitkan tanpa batas.

12. Avalanche (AVAX)

Avalanche (AVAX) merupakan platform blockchain berbasis kontrak pintar yang cepat dan murah, yang berfokus pada pembuatan aplikasi terdesentralisasi dan memfasilitasi pembuatan blockchain khusus. Penggunanya dapat memproses transaksi dalam token AVAX asli. Avalanche masuk dalam daftar rekomendasi cryptocurrency tahun 2022 dengan nilai kapitalisasi pasar mencapai 20 dolar amerika.

Kesimpulan

Memasuki tahun 2022, berdasarkan data kapitalisasi pasar untuk beberapa jenis mata uang kripto tahun sebelumnya, telah diurutkan sebanyak 12 jenis cryptocurrency yang direkomendasikan menjadi pilihan investasi.

Selain mengacu pada nilai kapitalisasi pasar, kategori cryptocurrency juga dapat mempengaruhi kemungkinan untung ruginya di masa mendatang.

Secara umum, kategori mata uang kripto, antara lain: Penyimpan Nilai, Kontrak Pintar, Kripto Oracle, Kripto Pembayaran, Token Pertukaran, dan Koin Meme.

Untuk detailnya, penjelasan mengenai kategori cryptocurrency ini akan ditulis dalam artikel tersendiri. Semoga tulisan ini bermanfaat. (DW)

Referensi:

  • https://www.inews.id/finance/keuangan/jenis-dan-kategori-cryptocurrency-terlengkap-yang-perlu-anda-tahu-agar-untung-maksimal/all

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More