Menjadi Sukses adalah Impian, Menjadi Blogger adalah Pilihan.

Workshop Blog Pontianak Session #1 di BLC Telkom Pontianak

BLOGGERBORNEO.COM – Alhamdulillah setelah sempat beberapa lama vakum, akhirnya Blogger Borneo Network kembali aktif menyelenggarakan sebuah kegiatan yang diberi nama Workshop Blog Pontianak Session #1. Kegiatan workshop ini sendiri dilaksanakan di Broadband Learning Center (BLC) Telkom Pontianak, terletak di Jalan Teuku Umar No.2 Pontianak.

Meski pada awalnya sempat pesimis kegiatan ini akan bisa terlaksana sesuai harapan, Alhamdulillah seiring berjalannya waktu para calon peserta Workshop Blog Pontianak Session #1 satu per satu mulai melakukan pendaftaran via online. Tidak butuh waktu lama untuk memenuhi kuota 25 orang peserta, hanya dalam waktu 3 hari setelah diumumkan semua jatah kursi tersebut telah terisi penuh. ­čÖé

Para Peserta Workshop Blog Pontianak Session 1
Para Peserta Workshop Blog Pontianak Session 1 (Foto: Dok. Pribadi)

Untuk bisa mengikuti Workshop Blog Pontianak Session #1 para peserta hanya dikenakan biaya pendaftaran sebesar Rp. 20.000,- saja sebagai pengganti konsumsi makan siang.

Dalam pelaksanaan kali ini, Blogger Borneo mencoba untuk mengkombinasikan 3 (tiga) materi yang saling terkait, antara lain:

SESI I : CARA MEMBUAT BLOG DAN KONTEN

SESI II : CARA MELAKUKAN PROMOSI DAN OPTIMASI KONTEN

SESI III : SEO BASIC

Sebagai seorang Blogger yang telah kurang lebih 6 (enam) tahun menjalani aktivitas ini sepertinya tidak pernah lepas dari 3 (tiga) ketiga poin diatas. Ya tentunya secara proses, ketiga poin ini akan dibutuhkan seiring waktu berjalan. Yang pasti sebagai langkah awal, kita DIWAJIBKAN terlebih dahulu untuk memiliki sebuah blog. Jadi tunggu apa lagi? Sekarang mari kita membuat blog. ­čÖé

SESI I : CARA MEMBUAT BLOG DAN KONTEN

Pemateri Sesi I Workshop Blog Pontianak Session 1
Pemateri Sesi I Workshop Blog Pontianak Session 1 (Foto: Dok. Pribadi)

Blogger Borneo menjadi pemateri sesi pertama dalam Workshop Blog Pontianak Session #1 di BLC Telkom Pontianak. Karena selama ini sudah terbiasa menggunakan platform blog berbasis WordPress maka para peserta diarahkan membuat blog secara gratis melalui WordPress.Com. Sebenarnya kedepannya Blogger Borneo berharap nantinya para peserta bisa memiliki sebuah blog dengan nama domain pribadi, jadi sebagai langkah awal mereka diperkenalkan dulu dengan tampilan dashboard WordPress.

Sedang asyik memberikan materi tiba-tiba handphone Blogger Borneo berdering, begitu dilihat ternyata panggilan berasal dari Juragan Katering Pontianak yaitu Om Fakhrul. Kebetulan pada kali ini Blogger Borneo memesan konsumsi makan siang bagi para peserta Workshop Blog Pontianak Session #1.

Katering Workshop Blog Pontianak Session 1
Katering Workshop Blog Pontianak Session 1 (Foto: Dok. Pribadi)

Sebagai pengenalan saja, selain memiliki Sekolah Motivasi Indonesia (SMI) ternyata Om Fakhrul juga memiliki sebuah usaha katering makanan di Pontianak dengan brand name eMB Catering. Dalam memberikan pelayanannya, eMB Catering menawarkan paket harga cukup kompetitif dengan kualitas rasa dan menu tetap selektif. Blogger Borneo sendiri memesan paket makanan seharga Rp. 20.000,- per kotak, disamakan dengan biaya pendaftaran para peserta.

SESI II : CARA MELAKUKAN PROMOSI DAN OPTIMASI KONTEN

Pemateri Sesi 2 Workshop Blog Pontianak Session 1
Pemateri Sesi 2 Workshop Blog Pontianak Session 1 (Foto: Dok. Pribadi)

Selanjutnya, materi sesi II diisi oleh Muhammad Ihsan atau dalam akun Facebooknya dikenal sebagai Ican Mori. Blogger Borneo sendiri sebenarnya baru akrab dengan sosok pemateri ini. Berawal dari diskusi ringan mengenai teknik optimasi konten beberapa waktu lalu membuat Blogger Borneo tertarik untuk menjadikannya sebagai salah seorang pemateri dalam Workshop Blog Pontianak Session #1.

Meski awal mulanya pemateri muda ini tampak grogi, namun lama kelamaan Beliau tampak mulai bisa menyesuaikan diri dan terbiasa dengan kondisi. Adapun beberapa poin materi yang disampaikan meliputi: bagaimana mengecek kualitas sebuah blog, teknik mencari sumber trafik, dan pengetahuan mengenai apa itu spam.

Sesi Pengenalan Produk IndiHome Workshop Blog Pontianak Session 1
Sesi Pengenalan Produk IndiHome Workshop Blog Pontianak Session 1 (Foto: Dok. Pribadi)

Foto diatas menunjukkan salah seorang staf sedang memberikan presentasi mengenai pengenalan produk terbaru Telkom yaitu #IndiHomeFiber. Internet Cepat on Fiber merupakan salah satu dari tiga layanan inti Triple Play dari IndiHome Fiber yang menghadirkan paket internet supercepat hingga 100 Mbps. Selain itu, layanan inti lainnya adalah Interactive TV(Usee TV)  dan Phone (Telepon Rumah). IndiHome Fiber juga menyediakan fitur tambahan seperti wifi.id Seamless, IndiHome Telkomsel Mania, IndiHome Global Call, MelOn, Trend Micro Antivirus dan IndiHome View.

SESI III : SEO BASIC

Pemateri Sesi III Workshop Blog Pontianak Session 1
Pemateri Sesi III Workshop Blog Pontianak Session 1 (Foto: Dok. Pribadi)

Diantara dua sesi sebelumnya, sepertinya materi sesi ini termasuk dalam kategori “berat” bagi para peserta. Biar bagaimanapun juga, tetap butuh waktu khusus untuk membahas masalah SEO secara jelas. Oleh karena itu, fokus materi pada kali ini hanya menjelaskan mengenai apa itu SEO dan teknik dasar SEO On-Page maupun Off-Page.

Om Qbenk, demikian panggilan akrab Blogger Borneo kepada pemateri Sesi III Workshop Blog Pontianak Session #1 ini. Meski tampak kalem dan tenang, namun Om Qbenk terkenal dengan kapasitasnya sebagai salah seorang blogger kontes SEO. Sudah beberapa kali sosok pria bernama lengkap Muhammad Sahlan ini menjadi pemenang dalam kontes-kontes SEO yang pernah diselenggarakan. Karena Blogger Borneo merasa Om Qbenk memiliki kemampuan diatas rata-rata untuk urusan SEO, Google, dan semua yang terkait maka satu kursi spesial pemateri Blogger Borneo berikan ke Beliau.

Alhamdulillah dari jadwal semula Workshop Blog Pontianak Session #1 selesai jam 2 siang terpaksa harus molor sekitar 1 jam. Secara keseluruhan bisa dianggap kegiatan ini berjalan dengan lancar dan sesuai harapan. Sampai disini tulisan liputan mengenai penyelenggaraan Workshop Blog Pontianak 2015, Insya Allah akan ada lagi kelas-kelas berikutnya yang akan dilaksanakan secara rutin setiap bulannya. Tidak lupa Blogger Borneo mengucapkan terima kasih banyak kepada pihak Telkom Pontianak yang telah memberikan dukungan dalam bentuk penggunaan ruang BLC nya. (DW)

DAPATKAN INFO TERBARU SHARING BLOG
Masukkan Alamat Email Anda untuk Dapatkan Info Terbaru Mengenai Sharing Blog
# Data Email Anda Tidak Akan Disebarluaskan #
No Comments
  1. widya astuti says

    Kapan diadakan kembali workshop blog? Mohon infonya, trims.

    1. Dwi Wahyudi says

      Insya Allah awal bulan depan ya ­čÖé

Leave A Reply

Your email address will not be published.