Menjadi Sukses adalah Impian, Menjadi Blogger adalah Pilihan.

5 Aplikasi Keren Penunjang Aktivitas Olahraga Kamu

BLOGGERBORNEO.COM – Perkembangan teknologi informasi yang sedemikian cepat saat ini secara tidak langsung memberi dampak tersendiri terhadap semua aspek kehidupan. Khusus bagi siapa saja yang suka olahraga, jika dulu kita terbiasa membawa walkman maupun stopwatch sebagai pendamping, sekarang sudah banyak aplikasi-aplikasi keren pendukung itu. Berikut akan dibahas mengenai 5 aplikasi penunjang aktivitas olahraga yang bisa digunakan, antara lain:

1. JABRA SPORT PACE

Masih membahas seputar dunia olahraga, tapi kali ini bukan olahraga digital atau e-Sport, melainkan olahraga beneran. Saat berolahraga, rasanya kurang seru kalau tidak ditemani musik favorit kita. Apalagi bagi masyarakat urban di kota-kota besar-terutama Jakarta-yang senang berolahraga di gym.

Jabra Sport Pace
Jabra Sport Pace (Sumber: TechBox.Dennikn.Sk)

Jabra Sport Pace mencoba membidik pasar dari kalangan ini dengan memperkenalkan earphone nirkabel yang didesain bagi kenyaman berolahraga kaum urban ibukota. Earphone stylish ini tahan terhadap perubahan cuaca ekstrim, keringat, dan benturan. selain itu, Earphone nirkabel berdesain gaya ini juga dilengkapi aplikasi Jabra Sport Life, yang mampu mencatat dan mengelola kegiatan olahraga penggunanya. Dengan waktu pengisian baterai sekitar 15 menit, earphone ini punya daya tahan selama lima jam yang sangat tepat dipakai mendengar musik atau menelepon rekan bisnis, sembari berolahraga.

Aplikasi ini memiliki alat untuk mengukur kebugaran yang built-in dan dapat melacak perkembangan latihan Anda. Perangkat ini juga terkoneksi dengan aplikasi fitness 3rd party terkemuka guna mengidentifikasi riwayat latihan Anda. Saat ini, Jabra Sport Pace sudah masuk ke Indonesia dengan harga ritel Rp 1.599.000. anda tertarik membeli earphone sporty ini? Anda dapat memesan secara preorder di Dinomarket mulai 6 November hingga 20 November 2015, dengan harga promo Rp 1,4 juta serta bonus Movi Speaker Bluetooth senilai Rp.200.000. Pilihan warna earphone dari Jabra Sport Pace ini ada tiga; kuning, merah, dan biru.

Tools ini dapat diunduh secara gratis di ponsel pintar Anda yang memiliki aplikasi Android atau iOS.  Aplikasi Jabra Sport Pace membantu Anda dalam merencanakan, memonitor, dan mengevaluasi kinerja latihan olahraga dengan mengukur tingkat kecepatan, jumlah kalori yang dibakar, serta jarak dan rute yang ditempuh menggunakan GPS ponsel.

2. ENDOMONDO

Dari sekian banyak aplikasi olahraga, Endomondo barangkali merupakan aplikasi yang paling populer. Selain memantau kegiatan olahraga lari yang kita lakukan, Endomondo dapat digunakan untuk olahraga lain seperti bersepeda. Aplikasinya yang sederhana dapat memuat beberapa fitur vital untuk mengukur jarak, durasi, kecepatan, dan rataan kalori. Pengguna akan diberitahu lewat audio jika telah menempuh jarak sekian kilometer atau mil, termasuk saat sedang berjalan-santai bersama anjing peliharaan. Bila telah selesai berolahraga, Anda dapat mengunggah hasilnya di akun media sosial seperti Facebook atau Twitter. Endomondo juga menyediakan tantangan bagi penggunanya untuk terus memperbarui rekor berlari mereka.

Endomondo
Endomondo (Sumber: AndroidandMe.Com)

Aplikasi yang beroperasi menggunakan iOS, Android, Windows Phone, dan Blackberry ini seakan mengubah gadget Anda menjadi pelatih dan teman latihan. Didukung built-in GPS di ponsel pintar Anda, Endomondo bisa mencatat hampir semua kegiatan olahraga Anda, seperti berlari, bersepeda, jalan santai, dan sebagainya. Anda juga akan mendapat komentar dari pengguna lain atas berbagai latihan yang telah Anda lakukan. Serunyalagi, Anda juga dapat mem-follow atau berteman dengan kawan-kawan Anda. Aplikasi ini mirip dengan Twitter atau Facebook-nya para atlet mingguan seperti Anda.

3. ASCENDO FITNESS

Ascendo Fitness
Ascendo Fitness (Sumber: AscendoFitness.Com)

Aplikasi ini memudahkan Anda mencari makanan apa saja yang Anda butuhkan serta intensitas latihan apa yang harus dikerjakan, misalnya latihan lari, angkat beban, atau sekadar membersihkan rumah. Aplikasi yang beroperasi di Blackberry dan Windows ini juga dapat menghitung berat badan ideal, Indeks Massa Tubuh (BMI) dan Basal Metabolism Rate, kemudian ia dapat mengarahkan Anda untuk melakukan diet dan olahraga sesuai kebutuhan.

4. MAPMYRUN GPS RUNNING

MapMyRUN GPS Running
MapMyRUN GPS Running (Sumber: Maps-World2.Xyz)

Aplikasi keren yang beroperasi di sistem iOS dan Android ini menyediakan segala hal tentang olahraga lari yang Anda perlukan. Sebagaimana seorang pelatih pribadi. Aplikasi ini berperan membantu Anda mengamati catatan langkah, jarak, kalori, nutrisi, dan detak jantung. Tidak hanya itu, aplikasi yang dianugerahi Best Running App 2012 oleh Majalah Reader’s Choice di About.com ini juga membuat Anda bisa berhubungan dengan teman yang sama-sama memakai aplikasi ini. Anda dapat mengetahui kemajuan hasil latihan partner Anda sehingga mampu menjadi motivasi tambahan bagi Anda.

5. FITNESS BUDDY: 1700+ EXERCISE WORKOUT JOURNAL

Fitness Buddy 1700+ Exercise Workout Journal
Fitness Buddy 1700+ Exercise Workout Journal (Sumber: iMore.Com)

Aplikasi ini dapat menjadi referensi latihan Anda. Dalam Fitness Buddy terdapat lebih dari 1000 latihan, lebih dari 45 latihan yang telah disesuaikan, serta 3000 lebih gambar dan animasi yang disesuaikan dengan retina pembaca. Anda dapat memilih latihan atau bahkan merancangnya sendiri. Anda juga bisa memilih otot mana yang ingin dilatih tanpa harus repot memikirkan eperti apa dan bagaimana modelnya.

Sumber Referensi:

  • http://www.getscoop.com/berita/aplikasi-olahraga-keren-smartphone/
  • http://health.liputan6.com/read/2339376/5-aplikasi-keren-bagi-pecinta-olahraga-lari?p=1
  • http://marketeers.com/article/jabra-sport-pace-bidik-masyarakat-urban-penyuka-olahraga.html
  • http://www.getscoop.com/berita/aplikasi-olahraga-keren-smartphone/

DAPATKAN INFO TERBARU SHARING BLOG
Masukkan Alamat Email Anda untuk Dapatkan Info Terbaru Mengenai Sharing Blog
# Data Email Anda Tidak Akan Disebarluaskan #
2 Comments
  1. Berita Olahraga says

    edmodo itu keren yak, bisa ngitung kalori dalam tubuh…
    berkat teknologi, olahraga jadi enak sebenernya…
    cuma satu hal yang masih sulit dihilangkan, yaitu malas…

    1. Dwi Wahyudi says

      Iya, mau pakai aplikasi sekeren apapun kalau kitanya sendiri malas ya percuma juga. Hahahahhaa… Thanks for comment Mas Bro…

Leave A Reply

Your email address will not be published.