Menjadi Sukses adalah Impian, Menjadi Blogger adalah Pilihan.

Aplikasi KBBI Online, Memberikan Kemudahan Mencari Kata Baku Bahasa Indonesia

Aplikasi KBBI Online adalah laman resmi pencarian kata dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia. Laman ini dikembangkan dan dikelola oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa untuk memberi akses informasi seluas-luasnya kepada masyarakat tentang Bahasa Indonesia.

Halaman Depan Aplikasi KBBI Online
Image: kbbi.kemdikbud.go.id

Aplikasi KBBI Online adalah laman resmi pencarian kata yang dikembangkan dan dikelola oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. KBBI merupakan singkatan dari Kamus Besar Bahasa Indonesia. Laman ini  dibuat untuk memberi akses informasi seluas-luasnya kepada masyarakat, sekaligus digunakan untuk memfasilitasi partisipasi masyarakat dalam pengembangan kosa kata bahasa Indonesia.

Dengan mendaftar sebagai anggota KBBI Daring, masyarakat dapat melakukan pencarian entri berdasarkan huruf awal, popularitas entri, pencarian terakhir, kelas kata, ragam, bidang, dan bahasa, tautan kata turunan, gabungan kata, peribahasa, dan idiom dari kata yang dicari. Pengguna KBBI Online atau dalam bahasa Indonesianya disebut sebagai KBBI Daring ini juga diberikan kesempatan untuk melakukan pengusulan maupun perbaikan entri, makna, dan contoh baru dalam aplikasi tersebut.

PANDUAN PENGGUNAAN

Untuk dapat berpartisipasi dalam proses pengembangan Bahasa Indonesia, kita dapat mendaftarkan diri terlebih dahulu melalui laman situs: kbbi.kemdikbud.go.id. Karena pada kesempatan ini Blogger Borneo belum pernah melakukan pendaftaran, maka disini akan diberikan panduannya secara langsung.

Setelah masuk ke halaman utama situs tersebut, klik menu Daftar Baru yang terdapat pada bagian kanan atas tampilan. Sebenarnya Anda sudah bisa menggunakan fitur pencarian kata dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia daring ini, namun sifatnya terbatas sehingga ada beberapa fitur yang tidak bisa digunakan.

Dengan menjadi pengguna terdaftar, Anda tidak hanya dapat melakukan pencarian untuk kata tertentu, tetapi juga dapat menemukan kata turunan, gabungan kata, peribahasa, bidang ilmu, bahkan mengusulkan entri kata baru. Selain itu, masih banyak fitur-fitur lain yang tersedia di dalam KBBI Daring ini.

Langkah 1: Masuk ke Halaman kkbi.kemdikbud.go.id
Langkah 2: Klik Menu Daftar Baru
Langkah 3: Isikan Data yang Diminta
Aplikasi KBBI Online - Pendaftaran Akun
Isi Data Anda

Beberapa tahapan yang harus dilakukan adalah dengan mengisi kolom-kolom tersedia, yaitu:

Tahap 1: Isi Nama Lengkap

Tahap 2: Isi Nama Tampilan

Tahap 3: Isi Alamat Email

Tahap 4: Isi Kata Sandi

Tahap 5: Konfirmasi Kata Sandi

Tahap 6: Klik Tombol Daftarkan

Langkah 4: Proses Konfirmasi

Setelah proses pengisian data baru selesai dilakukan, sistem akan meminta Anda untuk mengaktifkan melalui tautan yang dikirim ke alamat email terdaftar.

Aplikasi KBBI Daring - Proses Konfirmasi
Proses Konfirmasi Pengguna Baru
Langkah 5: Konfirmasi via Email

Masuk ke email Anda, periksa kotak masuk dan buka email terkirim dari kkbi.kemdikbud.go.id yang berjudul KBBI Daring – Konfirmasikan Akun Anda. Klik tautan yang terdapat dalam isi pesannya.

Aplikasi KBBI Daring - Konfirmasi Email
Tautan Aktivasi Terkirim Melalui Email
LANGKAH 6: PROSES AKTIVASI SELESAI, MASUK KEMBALI

Setelah proses aktivasi selesai dilakukan, Anda akan diarahkan kembali ke laman depan kkbi.kemdikbud.go.id. Isi data dan password pengguna Anda.

LANGKAH 7: TAMPILAN HALAMAN PENGGUNA TERDAFTAR

Dibawah ini merupakan tampilan dari laman pengguna terdaftar. Tampilan ini tidak akan muncul jika Anda belum terdaftar sebagai pengguna.

Aplikasi KBBI Online - Daftar Kata
Tampilan Fitur Pengguna Terdaftar
LANGKAH 8: UJICOBA PENCARIAN

Disini Blogger Borneo akan mencoba untuk mencari kata “Dayak”. Blogger Borneo cukup mengetikkan kata “Dayak” di kolom kosong tersedia dan klik tombol berikon kaca pembesar untuk mulai melakukan proses pencarian. Alhamdulillah dalam waktu singkat informasi yang diinginkan muncul di hadapan.

Aplikasi KBBI Daring - Hasil Pencarian
Hasil Pencarian Kata

Nah, bagaimana menurut pendapat kawan-kawan mengenai aplikasi KBBI online versi terbaru ini. Tidak susah kan untuk menggunakannya?. Sampai saat ini, sudah ada sekitar 126 ribu kosakata yang masuk dalam database KBBI Daring. Diharapkan data ini akan terus bertambah atas dasar masukan dari para pengguna terdaftar. Semoga bermanfaat, jangan lupa gabung di laman facebook Blogger Borneo Network dan subscribe channel YouTube Blogger Borneo Network. (DW)

 

DAPATKAN INFO TERBARU SHARING BLOG
Masukkan Alamat Email Anda untuk Dapatkan Info Terbaru Mengenai Sharing Blog
# Data Email Anda Tidak Akan Disebarluaskan #

Leave A Reply

Your email address will not be published.