Yale Communication, Pusat Pelatihan Blog dan SEO Blogger Kubu Raya

  • Bagikan
Yale Communication
Image: Dok. Pribadi

Bang Feri, demikian dirinya akrab dipanggil. Blogger Borneo mulai berkenalan dengan sosok putra daerah kelahiran Parit Jepang ini ketika sedang mencari informasi mengenai mekanisme membuka Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) di Kabupaten Kubu Raya.

Telah menjadi aturan pada saat itu bahwa untuk dapat mengurus perizinan mendirikan LKP harus mendapatkan rekomendasi dari Himpunan Pengusaha Kursus Indonesia (HIPKI) yang ada di masing-masing daerahnya. Jadi Blogger Borneo langsung melakukan silaturahim ke Sekretariat HIPKI Kubu Raya.

Nah disaat beberapa kali berkunjung untuk saling berkoordinasi inilah Blogger Borneo bertemu dan mulai mengenal Beliau sebagai founder sebuah LKP Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) bernama Yale Communication.

Yale Communication

Meskipun pada akhirnya Blogger Borneo memutuskan untuk melanjutkan proses pendirian LKP yang telah direncanakan sebelumnya, namun komunikasi secara rutin masih tetap dilakukan. Dan selama itu Blogger Borneo melihat aktivitas LKP Yale Communication terus bergerak.

Tidak terasa satu dasawarsa berlalu, ternyata diantara LKP yang pernah eksis dulunya khususnya untuk bidang TIK, Yale Communication menjadi satu-satunya yang masih tetap bertahan.

Bahkan jika diperhatikan, untuk saat sekarang ini bisa dianggap LKP Yale Communication Kubu Raya semakin berkembang karena telah memiliki bangunan sendiri dengan infrastruktur cukup memadai.

Blogger Borneo sempat merasa kagum ketika berkunjung ke lokasi Yale Communication untuk pertama kalinya setelah terakhir kali berkunjung 10 tahun lalu, kondisinya sangat berbeda.

Pusat Pelatihan Blogger Kubu Raya

Alhamdulillah dalam sesi diskusi pembahasan mengenai rencana pembentukan Komunitas Blogger Kubu Raya pada pertengahan awal tahun ini, sosok lulusan Fakultas Kehutanan Universitas Tanjungpura (UNTAN) ini menyambut baik gagasan tersebut.

Kesediaan Beliau menjadi salah seorang diantara para founder BKR Community, antara lain: Dwi Wahyudi (founder Blogger Borneo Network), Om Qbenk (founder SEO Moms Community), dan Bro Ihyu (founder BisaBayar.Com) secara langsung akan memperkuat pondasi dasar karena Beliau memiliki infrastruktur pendukung yaitu LKP.

Ya kita ketahui bersama bahwa dalam aktivitas utama komunitas yang bergerak dibidang TIK, ketersediaan infrastruktur seperti ruangan memadai, akses internet cepat, dan legalitas jika suatu saat dibutuhkan program pelatihan resmi bersertifikat adalah satu nilai tambah.

Jadi ketika Beliau menawarkan diri untuk menjadikan LKP nya sebagai Pusat Pelatihan Blogger Kubu Raya, maka tanpa pikir panjang dan sangat senang hati kami menerima tawaran tersebut dengan ikhlas dan lapang dada. 😀

Tempat Uji Kompetensi Komputer di Kalimantan Barat

Bicara latihan tentu saja butuh waktu dan tempat khusus karena tidak semua orang bisa belajar dengan konsentrasi di tempat ramai contohnya warung kopi ataupun coffee shop.

Memang di tulisan sebelumnya Blogger Borneo dan para founder Komunitas Blogger Kubu Raya lainnya telah memutuskan untuk menjadikan Warunk Evergreen sebagai base camp, akan tetapi itu sifatnya lebih ke non formal dan silaturahim.

Sedangkan untuk sesi pembelajaran khusus seperti latihan ngeblog dan search engine optimization (SEO) tetap akan butuh tempat khusus juga. Disinilah infrastruktur yang dimiliki Yale Communication bisa digunakan.

Latihan Ngeblog

Sesuai namanya, BKR Community isinya adalah para Blogger Kubu Raya dengan latar belakang pendidikan, pekerjaan, dan tentu saja pengalaman berbeda.

Bagi para blogger dengan jam terbang tinggi, selalu update tulisan adalah hal biasa. Sedangkan bagi para blogger pemula, biasanya akan merasa berat untuk menulis jika tidak dipaksa dengan latihan.

Oleh karena itu di tahap awal, para anggota Komunitas Blogger Kubu Raya yang memang minat akan diminta untuk mengikuti semua arahan dan pelatihan khusus yang secara terjadwal mulai dilaksanakan pada akhir pekan ini (minggu keempat Januari 2021).

Belajar SEO

Tahap selanjutnya ketika para Blogger Kubu Raya telah terbiasa menulis adalah belajar SEO. Dalam prosesnya nanti, para anggota BKR Community yang serius akan diajarkan mengenai cara menguasai kata kunci tertentu di halaman satu pencarian Google.

Untuk tahapan belajar SEO, Om Qbenk akan menjadi pemateri utama. Jika sebelumnya Beliau lebih fokus memberikan materi ke blogger-blogger luar terutama kaum hawa. Maka di Komunitas Blogger Kubu Raya kali ini, founder SEO Moms Community ini akan fokus ke para blogger lokal yang ada.

Sebenarnya salah satu tujuan dibekalinya para Blogger Kubu Raya ini dengan latihan-latihan khusus dan belajar SEO adalah agar nantinya mereka siap untuk diajak bekerjasama oleh pihak agency maupun advertiser.

Kunjungan Perdana

Alhamdulillah pada malam hari ini, Blogger Borneo melakukan kunjungan perdana ke Yale Communication untuk melihat kondisi tempat dan infrastruktur pendukungnya.

Kebetulan pada saat itu turut hadir di lokasi beberapa staf LKP Yale Communication yang memang hampir tiap malam beraktivitas di lantai atas bangunan permanen tersebut.

Untuk lebih jelasnya, video pada saat Blogger Borneo melakukan kunjungan bisa dilihat dibawah ini:

Pusat Pelatihan Blog dan SEO Blogger Kubu Raya

Bagaimana penampakan ruangannya, cukup oke bukan??? Sangat mendukung aktivitas pergerakan komunitas nantinya. Doakan saja semua ikhtiar yang telah dan akan dilakukan oleh para founder BKR Community mendapat kemudahan dan kelancaran dalam menjalankannya. Amin Ya Allah…

Jangan lupa untuk selalu update tulisan-tulisan terbaru dari Blogger Borneo terutama mengenai perkembangan Komunitas Blogger Kubu Raya nantinya. Salam menanjak… (DW)

 

  • Bagikan