7 Tips Agar Laptop Selalu Awet dan Seperti Baru

Memelihara laptop agar selalu awet dan tampak baru adalah satu hal yang cukup mudah sebenarnya, asalkan sejak awal laptop tersebut dibeli sudah langsung dilakukan beberapa tindakan perlindungan. Di tulisan ini akan dijelaskan mengenai tips bagaimana merawat laptop selalu awet dan seperti baru.

HARGA ASUS VIVOBOOK

Harga Asus Vivobook memiliki beberapa perbedaan berdasarkan jenis dan tipenya. Jadi, bagi Anda yang menginginkan laptop untuk memenuhi kebutuhan rasanya tidak akan kehabisan pilihan. Namun, perlu Anda ketahui juga jika sudah memiliki laptop, sebaiknya dijaga dan dirawat dengan baik.

Laptop yang sering digunakan biasanya membuat mesin menjadi lemot dan berakibat pada terganggunya aktivitas pengerjaan tugas Anda. Sehingga, Anda harus menguras dompet lagi untuk membeli laptop versi terbaru. Padahal, laptop tersebut sebenarnya masih layak pakai.

Agar Laptop Selalu Awet dan Seperti Baru

Nah, artikel kali ini akan membahas tentang cara merawat laptop agar awet dan kelihatan selalu tampil baru. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut :

1. Jangan Menggunakan Charger Secara Berlebihan

Saat baterai laptop lemah, secara otomatis Anda akan mencharger untuk mengembalikan daya laptop agar bisa digunakan lagi. Yah, benar sekali. Namun, di sini Anda akan diberi beberapa arahan dan peraturan, bahwa sebenarnya untuk mencharger laptop sebaiknya jangan berbarengan dengan pemakaiannya.

Ibarat manusia yang mengisi tenaga melalui makan, bagaimana rasanya jika makan sambil beraktivitas dan saat sudah kenyang, tetap disuruh makan? Kenyang kemudian menjadi mual bukan? Nah, begitu juga laptop, jika baterai laptop habis, silahkan di charger dan jika sudah penuh segera lepas chargernya, agar operasi laptop tetap stabil.

2. Belilah Charger yang Original

Harga Asus Vivobook tersedia dengan beberapa variasi yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan sehari-hari. Jangan lupa untuk selalu menjaga laptop Anda agar tetap prima. Tidak hanya laptopnya yang dijaga tapi menjaga charger laptop juga penting. Suatu saat tak menutup kemungkinan jika charger yang Anda miliki hilang atau rusak.

Jadi untuk mengantisipasi hal tersebut, Anda perlu membeli charger original. Jangan membeli charger yang second karena hanya akan membuat perangkat rusak. Sesuatu yang baru pasti lebih baik dari yang bekas. Maka laptop akan awet lebih lama.

3. Hindari Mengoperasikan Laptop Tanpa Baterai

Jika baterai laptop rusak, maka harus membeli yang baru. Namun, jika tidak sempat membeli baterai, Anda tetap bisa mengoperasikannya bersamaan dengan proses charger laptop. Cara ini memang boleh dilakukan jika Anda benar-benar dalam keadaan urgent. Hanya saja jangan terlalu sering dilakukan. Jika dilakukan secara terus-menerus maka akan membuat komponen hardware menjadi rusak.

4. Jangan Terlalu Sering Menghidup Matikan PC

Jika Anda memiliki banyak pekerjaan, seperti menulis, coding, mengatur administrasi, membuat laporan praktikum dan lain sebagainya, pasti laptop akan menjadi teman sehari-hari. Itu artinya bisa saja laptop akan seringkali hidup-mati karena digunakan untuk mengerjakan tugas satu per satu.

Nyala, 15 menit mati, nyala lagi, 15 menit mati lagi, begitu seterusnya. Hal tersebut hanya akan membuat laptop semakin cepat hang, lemot atau bahkan error. Jadi, lebih baik gunakan laptop secara langsung beberapa jam menggunakan kipas agar mesin tidak panas. Sehingga tidak memiliki prinsip mati-nyala secara berulang-ulang. So, cukup 3x saja mati-nyalanya.

5. Perhatikan Instalan Aplikasi

Harga Asus Vivobook tidak akan menjadi masalah jika Anda bisa menyesuaikan budget yang dimiliki. Jika Anda mampu membeli laptop dengan kapasitas RAM yang kecil, jangan diisi dengan aplikasi terlalu banyak, karena hanya akan membuat berat kerja RAM dan tidak bagus untuk perangkat keras Anda.

Selain itu jika Anda mendownload aplikasi, Anda harus memperhatikan dari situs apa aplikasi tersebut. Sebab beberapa situs yang tidak resmi biasanya menyelipkan virus saat aplikasi tersebut di download. Oleh karena itu carilah situs yang terpercaya.

6. Bersihkan Laptop Secara Rutin

Nah, ini adalah cara jitu untuk membuat laptop terlihat seperti baru, yakni merawat tampilan fisik laptop, seperti layar, keyboard dan cover laptop. Debu-debu yang menempel di atas keyboard jika tidak pernah dibersihkan hanya akan membuat kotorannya masuk ke dalam mesin dan mengganggu jalan operasinya laptop. Sehingga, penting bagi Anda untuk membersihkannya secara rutin.

7. Laptop Jangan Dipakai di Atas Kasur

Menaruh laptop di atas kasur saat dioperasikan hanya akan membuatnya bersuhu panas dan menghambat sirkulasi udara di dalam laptop. Alhasil mesin hardware di dalam laptop akan overheat atau mengalami panas berlebih.

Itu tadi adalah beberapa cara yang simple dan cukup untuk membuat laptop Anda awet, sehingga walaupun sudah lama akan tetap terlihat baru. Namun jika laptop terlanjur rusak, Anda bisa membeli laptop baru melalui Bukalapak. Harga Asus Vivobook ditawarkan Bukalapak sangat bervariasi, tergantung tipe dan spesifikasinya. Itu artinya Anda dapat dengan mudah menemukan laptop sesuai dengan dana yang sudah disiapkan. (ADV)

Tinggalkan Pesan

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More