Belajar Menjadi Blogger Profesional di Kopdar Blogger Pontianak Webmaster From Zero To Hero 3

Bertempat di What's Up Cafe Jalan Zainuddin Pontianak, MB Communication mengundang para Blogger Pontianak untuk hadir dalam event Kopdar Webmaster From Zero To Hero 3. Event ini diselenggarakan pada hari Sabtu (04/08/2018).

Sebuah panggilan mendadak dari nomor asing Blogger Borneo terima ketika baru saja menjejakkan kaki di salah satu kantornya klien Zahir Accounting di kawasan Jalan Perintis Kemerdekaan Pontianak. Melihat ke jam dinding di ruangan, waktu sudah menunjukkan angka 10.51 WIB. Tanpa pikir panjang, Blogger Borneo langsung menerima panggilan asing tersebut.

“Assalamualaikum Bro, lagi dimana? Ga pergi ke event Kopdar Blogger Pontianak Webmaster From Zero To Hero 3 Pontianak kah? Ini udah pada rame yang datang. Ditunggu ya sekarang…”, demikian ucap dari seseorang diujung  telepon sana yang dari suaranya cukup khas yaitu Om Qbenk, salah seorang Praktisi SEO dari kota Pontianak.

Sempat kaget karena update terakhir yang diterima bahwa event tersebut diselenggarakan pada hari Minggu (05/08/2018), Blogger Borneo pun berusaha untuk mencari cara guna biar bisa ijin keluar sebentar dari kantor klien tersebut. Alhamdulillah 30 menit kemudian, Blogger Borneo mendapat kesempatan untuk ijin keluar dimana sebelumnya proses instalasi program Zahir Accounting dan training penggunaan dasar sudah diberikan kepada para karyawan klien.

KOPDAR BLOGGER PONTIANAK

Karena jarak lokasi dari kantor klien ke lokasi penyelenggaraan Kopdar Webmaster From Zero To Hero 3 Pontianak lumayan jauh, maka dibutuhkan waktu kurang lebih 20 menit untuk mencapai kesana. Itupun kecepatan motor yang digunakan diatas rata-rata. Alhamdulillah tepat jam 11.50 Blogger Borneo sudah tiba di parkiran What’s Up Cafe Pontianak.

Melihat ruangan VIP Room Lantai 1 sudah penuh terisi oleh kawan-kawan dari Komunitas Blogger Pontianak, sepertinya Blogger Borneo datang terlambat. Untung saja Om Qbenk sudah mempersiapkan satu kursi kosong sehingga tidak perlu sulit lagi untuk mencari posisi di ruangan tersebut.

Pada event Kopdar Webmaster From Zero To Hero 3 kali ini, pihak MB Communication yang merupakan perusahaan penyedia jasa SEO dan digital marketing di Indonesia ini mengirimkan utusan perwakilan Mbak Kartina Ika Sari selaku Founder dan Mas Febriyan Lukito selaku SEO Analyst untuk datang dan memberikan sharing mengenai Bagaimana Cara Menjadi Seorang Blogger Profesional. Mungkin karena terlambat, maka Blogger Borneo baru datang ketika sesi miliknya Mas Febriyan Lukito sedang berlangsung.

SEO PENTING BAGI BLOGGER

Meski waktu pertemuan dalam Kopdar Blogger Pontianak ini cukup singkat karena sudah mendekati sesi makan siang, Blogger Borneo masih bisa menangkap beberapa poin penting yang disampaikan oleh Mas Febriyan Lukito terkait dengan pengalamannya selama ini ketika mengundang para blogger untuk hadir dalam beberapa event yang telah pernah dilaksanakan sebelumnya.

Menurutnya, yang harus diperhatikan bagi para blogger di Indonesia agar dapat dipandang profesional oleh pihak ataupun orang lain adalah harus menjaga A, C, dan T (kalau disingkat menjadi ACT). Jika dipandang secara keseluruhan, maka ACT ini artinya adalah ACTION. Untuk menjadi seorang blogger profesional ya tentu saja harus memiliki sebuah blog dan juga harus mengupdate kontennya secara rutin.

Foto Bareng Peserta Kopdar Webmaster From Zero To Hero 3 Pontianak
Image: Facebook/GbyGoober

Nah, jika dibaca secara terpisah, apa saja yang dimaksud dengan A, C, dan T tersebut?. Silahkan disimak penjelasannya berikut ini:

A = ATTITUDE

Disini sengaja Attitude diletakkan pertama kali karena dianggap merupakan faktor utama yang harus dipegang oleh para Blogger. Dari beberapa kali penyelenggaraan event yang pernah dilaksanakan dimana MC Communication mengundang para blogger untuk hadir dengan kompensasi goodie bag dan voucher pembelian produk, pernah salah seorang diantaranya langsung berdiri di tengah-tengah bertanya sambil berteriak “Siapa yang mau beli voucher Gue?”. Tentu saja hal ini langsung membuat suasana acara jadi berubah dan merasa tidak enak dengan pihak pengundang yang notabene adalah pemilik sebuah brand.

Di kesempatan yang sama, Mbak Kartina Ika Sari menambahkan bahwa ternyata seorang blogger yang sering menjadi juara lomba menulis blog atau jika dilihat postingan bagus-bagus di blognya juga tidak bisa menjadi jaminan bahwa dirinya memiliki ATTITUDE yang bagus. Pernah dalam sebuah kesempatan, blogger yang telah dianggap memenuhi kriteria tersebut datang dalam sebuah event tapi ketika acaranya sudah hampir selesai yang bersangkutan langsung komplain karena tidak mendapatkan makan siang. Padahal memang sejak awal sudah diinformasikan bahwa panitia tidak ada menyiapkan makan siang karena waktu acaranya juga cukup singkat.

Nah, disinilah Mbak Kartina Ika Sari sangat menekankan bahwa seorang blogger harus memiliki ATTITUDE karena bagaimanapun juga nama-nama mereka lama kelamaan akan dicap jelek dan dimasukkan sebagai BLACKLIST. Dan biasanya masing-masing agency saling berkomunikasi satu sama lain sehingga catatan-catatan negatif seperti itu tentu saja akan menjadi bahan pertimbangan tersendiri bagi mereka.

C = COMPETENCE

Berikutnya yang harus diperhatikan seorang blogger untuk dapat menjadi profesional adalah kompeten.  Yang dimaksud dengan kompeten disini adalah selalu konsisten mengupdate konten di blognya sesuai tema dan atau niche yang dipublikasikan. Selain itu, para blogger juga bisa memanfaatkan beberapa media portal online lainnya, seperti: HipWee, Kompasiana, KasKus, Medium, dan lainnya sebagai salah satu cara untuk menunjukkan eksistensinya.

Dan bagi kawan-kawan yang tidak punya blog, tidak perlu kuatir karena sekarang sudah begitu banyak media online dalam bentuk portal sebagai media “penampung” tulisannya. Beberapa diantara portal ini juga bersedia untuk membayar senilai nominal tertentu dengan syarat dan ketentuan berlaku. Sedangkan bagi para pemilik blog, dengan menulis di portal online tersebut secara tidak langsung akan berimbas kepada backlink dan jumlah visitor yang akan didapatkan.

T = TRUSTWORTHINESS

Yang terakhir adalah T merupakan singkatan dari Trustworthiness atau Kepercayaan. Kepercayaan disini bisa dilihat dari sudut pandang ageny atau advertiser dan dari sudut pandang para pembacanya. Menjadi seorang blogger yang tanggung jawab dalam menyelesaikan tugasnya sebelum deadline tentu saja akan memiliki nilai lebih diantara para agency atau advertiser.

Sedangkan di sisi para pembaca, mempublikasikan sebuah tulisan yang jujur dan apa adanya sepertinya lebih disukai. Jangan terlalu lebay dalam membuat satu tulisan, apalagi jika itu terkait dengan review sebuah produk. Meskipun pada kenyataannya tulisan review tersebut merupakan “pesanan” dari pemilik brand, gunakanlah bahasa yang sewajarnya karena bagaimanapun juga masing-masing produk punya kelebihan dan kekurangan.

Tak terasa waktu makan siang pun tiba, pihak panitia penyelenggara Kopdar Blogger Pontianak mempersilahkan para undangan yang hadir untuk makan siang. Sebenarnya masih ada lagi satu sesi setelah makan siang yaitu Pengumuman Pemenang Lomba Menulis Blog “Merdeka Menjadi Blogger”. Namun karena pada saat itu Blogger Borneo mendapat panggilan dari klien, maka terpaksa harus meninggalkan lokasi kegiatan lebih awal.

Sebelumnya Blogger Borneo ucapkan terima kasih kepada Om Qbenk yang telah menginformasikan dan mengundang untuk hadir di acara Kopdar Blogger Pontianak Webmaster From Zero To Hero 3 Pontianak. Buat Mbak Kartina Ika Sari dan Mas Febriyan Lukito terima kasih buat kehadirannya di Pontianak. Salam sukses buat semua Blogger Pontianak. Amin… (DW)

You might also like
4 Komentar
  1. Hastira says

    acara yang bermanfaat

  2. Syafiq says

    Wow, ikutan baca liat ada mas Ryan di situ…
    Setuju mas sama ACT ini, sayangnya nggak banyak juga yang masih menjaga attitude, competence, sama trustwothiness ini. Padahal klo nggak dilakukan lama-lama bisa bikin jelek profesi blogger.

  3. Wendelibus says

    Gan…. bisa untuk kita belajar kah untuk menjadi bloger juga? Klo bisa mau aku ikut ni

    1. Dwi Wahyudi, SE says

      Bisa Bang, WA jak ke 0811561982 ya. 🙂

Tinggalkan Pesan

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More