BloggerBorneo.Com
Belajar Bisnis, Manajemen Usaha, dan Akuntansi Keuangan

ASUS Hadirkan Teknologi Layar Laptop Gaming Terbaru di Ajang CES 2021

Di ajang CES 2021, ASUS memperkenalkan jajaran laptop ROG terbaru yang telah menggunakan teknologi layar terkini mulai dari layar dengan panel 4K 120Hz, WQHD 165Hz, dan FHD 360Hz. Hal ini dilakukan demi memenuhi sekaligus memanjakan para gamer.

Diantara laptop gaming ASUS yang diluncurkan, ROG Strix SCAR 17 tampil dengan teknologi layar terkini menggunakan panel 360Hz/3ms dan laptop gaming layar ganda ROG Zephyrus Duo 15 SE yang menggunakan panel 4K 120Hz.

Sedangkan untuk varian laptop gaming ROG lainnya menggunakan variasi panel WQHD 165Hz yang mampu menampilkan konten grafis lebih tajam dan lebih baik dari panel beresolusi FHD. Kehadiran teknologi layar ini tentu saja akan memberikan kenyamanan bagi para gamer esports profesional.

Selain gamer esports profesional, ternyata teknologi layar yang diusung oleh jajaran laptop gaming ROG kali ini mampu menghadirkan kualitas reproduksi warna terbaik sehingga akan sangat mendukung para content creator dalam berkreasi nantinya.

Teknologi Layar Laptop Gaming Terbaru

Tim ASUS ROG sadar bahwa faktor kecepatan merupakan satu hal sangat penting yang harus diperhatikan, oleh karena itu sejak awal semua laptop gaming ASUS selalu menggunakan teknologi layar terbaru dan pertama.

ROG terus berinovasi dan membawa teknologi overdrive dari monitor gaming ke layar laptop, sehingga untuk pertama kalinya layar laptop dapat memiliki refresh rate dan response time sangat kencang dan singkat.

Meskipun di layar IPS-level 120Hz pengembangan yang dilakukan mampu menghasilkan kualitas refresh rate cepat dan response time singkat namun sama sekali tidak mengurangi kualitas reproduksi warna yang dihasilkan.

Pencapaian Terbaik ROG

Sebenarnya salah satu pencapaian terbaik tim ROG dalam mengembangkan layar berkecepatan tinggi terdapat pada laptop gaming ROG Strix SCAR 17. Dengan mengusung layar berteknologi panel 360Hz/3ms menjadikannya sebagai laptop gaming dengan layar paling kencang di dunia untuk saat ini.

Dilihat berdasarkan performa, layar pada ROG Strix SCAR 17 menyerupai monitor gaming ROG Swift yang sama-sama mengusung panel 360Hz, sedangkan untuk response time 3ms nya dapat dicapai berkat algoritma khusus yang juga digunakan pada jajaran monitor gaming ASUS ROG.

Rancangan khusus ROG Strix SCAR 17 dengan teknologi panel 360Hz secara langsung akan memangkas waktu delay setiap kali frame ditampilkan hingga 33% dari panel 240Hz. Hal ini tentu saja akan sangat berpengaruh pada para profesional gamer yang kemenangannya sangat ditentukan dari kecepatan respon serta kemampuan layar untuk menampilkan gambar secepat mungkin.

Untuk saat ini, layar dengan panel 360Hz/3ms hanya terdapat pada seri ASUS ROG Strix SCAR 17. Sedangkan pada varian laptop gaming ROG lainnya seperti ROG Strix SCAR 15 dan ROG Zephyrus Duo 15 SE mengusung teknologi panel 300Hz / 3ms.

Keseimbangan Kecepatan dan Resolusi

Komunitas gaming tidak hanya sebatas esports semata. Itulah mengapa ROG fokus dalam mengembangkan teknologi layar dengan panel IPS-level. Berbeda dengan teknologi panel lainnya, IPS-level mampu tampil dengan refresh rate yang kencang dan response time singkat, namun tetap memiliki sudut pandang lebar serta kemampuan reproduksi warna yang tinggi.

Tahun 2020 silam, ROG bahkan dapat menghadirkan laptop gaming ROG Zephyrus yang mengusung panel 300Hz namun tetap memiliki kualitas reproduksi warna tinggi dan akurat dan mendapatkan sertifikasi PANTONE Validated.

Menggunakan layar beresolusi tinggi sebenarnya akan dapat menimbulkan masalah tersendiri karena semakin tinggi resolusi layar maka akan semakin rendah refresh rate nya. Oleh karena itu, pada layar beresolusi 4K UHD sebelumnya hanya dapat tampil dengan refresh rate 60Hz.

Angka resolusi diatas tidak bisa menjadi standar untuk laptop gaming, oleh karena itu tim ROG di awal tahun 2021 ini menghadirkan inovasi terkini yang akan meningkatkan standar industri pada layar laptop gaming.

Inovasi Terbaru Layar Laptop Ganda

Pada laptop gaming berlayar ganda ROG Zephyrus Duo 15 SE, tim ROG menghadirkan inovasi terbarunya untuk layar 4K UHD dengan refresh rate 120Hz dan response time 3ms. Tidak cukup sampai disini, layar ROG Zephyrus Duo 15 SE juga diklaim memiliki tingkat reproduksi warna yang tinggi dan akurat dengan color gamut hingga 100% pada Adobe RGB serta mengantongi sertifikasi PANTONE Validated.

Penggunaan teknologi layar terbaru ternyata tidak hanya dilakukan pada pada jajaran laptop gaming premium, tim ROG juga berkomitmen untuk menghadirkan inovasi tersebut sehingga dapat diakses oleh lebih banyak gamer.

Di bulan September 2020 lalu, ASUS ROG menasbihkan diri sebagai produsen laptop gaming pertama di dunia yang memperkenalkan layar WQHD resolusi 2560×1440 pixel dengan refresh rate hingga 165Hz.

Dalam industri laptop gaming saat sekarang ini, teknologi layar ini akan menjadi standar baru yang akan diusung oleh jajaran laptop gaming ROG seperti ROG Zephyrus G15, ROG Strix G15, serta ROG Strix G17.

Inovasi Layar Berukuran Kecil

Satu lagi pengembangan yang dilakukan Tim ROG adalah melakukan upgrade terhadap laptop gaming dengan ukuran layar 14 inci seperti ROG Zephyrus G14. Pada varian ini, layarnya telah mendukung resolusi WQHD dengan refresh rate 120Hz.

Sama seperti generasi sebelumnya, ROG Zephyrus G14 juga memiliki tingkat reproduksi warna yang tinggi dan akurat, serta telah mengantongi sertifikasi PANTONE Validated. Hal ini membuat ROG Zephyrus G14 sangat ideal sebagai “do-it-all laptop” yang sangat bertenaga, baik untuk bermain game, menikmati hiburan multimedia, bahkan hingga untuk content creation.

Di tahun ini, ROG juga akan menghadirkan laptop gaming baru yang sangat spesial yaitu ROG Flow X13. Laptop gaming inovatif ini mengusung layar 13 inci yang disematkan pada form-factor 2-in-1 sehingga desain tampilannya cukup ringkas.

Meskipun ukuran layarnya lebih kecil dan ringkas, Tim ROG tetap mampu menghadirkan layar beresolusi FHD dengan refresh rate 120Hz dan rasio layar 16:10 yang memungkinkan ruang kerja lebih lega. Layar yang diusung ROG Flow X13 juga memiliki fitur touchscreen dan mendukung penggunaan stylus pen. (ADV)

Advertisement

Indonesia Website Awards