BloggerBorneo.Com
Belajar Bisnis, Manajemen Usaha, dan Akuntansi Keuangan

Menggagas (Kembali) Pembentukan Komunitas Blogger Kubu Raya

Tidak terasa 8 tahun sudah berlalu. Setelah sempat lama menahan rasa, akhirnya pembicaraan yang sempat mencuat di tahun 2012 akan diusahakan terealisasi di awal tahun 2021. Memang butuh waktu lama, tapi Insya Allah rencana tersebut akan menjadi nyata. Amin…

Menggagas (Kembali) Pembentukan Komunitas Blogger Kubu Raya. Sepertinya kalimat ini sangat cocok untuk menggambarkan bagaimana Blogger Borneo berusaha untuk mewujudkan rencana yang pernah dibicarakan 8 (delapan) tahun lalu.

Secara lengkap mengenai kisah pembicaraan tersebut dapat dibaca melalui salah satu artikel yang dibuat oleh salah seorang Blogger Kubu Raya yang berjudul Kopdar Komunitas Blogger Kubu Raya.

Pada saat itu baru saja selesai diselenggarakan Lomba Desain Blog yang diadakan oleh Pemerintah Kabupaten Kubu Raya melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (KOMINFO) bekerjasama dengan Universitas Bina Sarana Informatika (BSI) Pontianak sebagai panitia pelaksana.

Komunitas Blogger Kubu Raya

Alhamdulillah dalam kurun waktu dua tahun terakhir, Blogger Borneo melihat perkembangan dunia IT khususnya di Kabupaten Kubu Raya menunjukkan tren positif. Banyak terobosan-terobosan baru yang dilakukan oleh bupati terpilih Muda Mahendrawan di periode kedua masa kepemimpinannya.

Meskipun begitu, Blogger Borneo sebenarnya cukup menyayangkan dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir tidak diselenggarakannya lagi kegiatan-kegiatan seperti Lomba Desain Blog Kubu Raya dan sejenisnya. Semoga di tahun 2021 kegiatan seperti ini bisa kembali diadakan. Amin…

Secara personal, Blogger Borneo melihat sekarang adalah saat yang tepat untuk mulai menggagas kembali rencana untuk membentuk Komunitas Blogger Kubu Raya atas dasar beberapa pertimbangan, antara lain:

Banyak Potensi

Sebagai salah satu kabupaten yang berbatasan langsung dengan kota Pontianak, Kubu Raya memiliki banyak potensi yang masih bisa dikembangkan, seperti: lokasi geografis strategis dan kondisi alam mampu menghasilkan beberapa produk unggulan.

Jika diperhatikan ketika menyusuri sepanjang jalan menuju Rasau Jaya, disisi kanan dan kiri dapat dilihat para penduduk menjajakan hasil alam dalam bentuk jagung manis, pisang, singkong, semangka, dan sejenisnya.

Sedangkan untuk hasil olahannya, produk-produk miliknya Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kubu Raya cukup banyak juga menghiasi etalase jualannya para pemilik lapak tersebut. Beberapa yang menjadi unggulan antara lain: rengginang, keripik ubi, keripik pisang, dan sejenisnya.

Melek Teknologi

Untuk selanjutnya, menjadi bahan pertimbangan ketika Blogger Borneo melihat kondisi masyarakat yang berdomisili di Kabupaten Kubu Raya sudah mulai melek teknologi, apalagi pemerintah daerahnya.

Seperti yang telah dijelaskan pada paragraf pembuka bahwa dibawah kepemimpinan periode kedua bupati Muda Mahendrawan, sudah cukup banyak terobosan-terobosan yang dilakukan. Menjadikan teknologi sebagai alat untuk lebih memudahkan layanan sekaligus melakukan pengawasan.

Begitu banyaknya warung kopi yang memiliki akses internet juga dapat menjadi salah satu acuan bahwa para generasi muda di Kabupaten Kubu Raya sudah melek teknologi. Akan tetapi, masih perlu dilakukan pengarahan agar mereka dapat memanfaatkan internet untuk tujuan positif.

Butuh Promosi

Nah, sebenarnya ini menjadi faktor utama kenapa keberadaan Komunitas Blogger Kubu Raya harus dipertimbangkan. Jika Presiden Soekarno butuh 10 orang pemuda untuk mengguncang dunia, maka Kabupaten Kubu Raya sepertinya butuh 10 orang blogger juga untuk mempromosikan semua potensi yang ada.

Melihat perkembangan dunia internet satu dasawarsa terakhir, Blogger Borneo menganggap keberadaan media sosial dan media promosi lain seperti blog dan youtube telah menjadi satu kebutuhan.

Banyak diantara para pemilik usaha yang mendapatkan manfaat dari blogger maupun youtuber ini. Dalam misinya, mereka melakukan promosi terhadap produk-produk dari pemilik usaha tersebut. Ada yang melakukannya atas dasar niat membantu dan ada juga yang menetapkan tarif dalam jumlah tertentu.

Menanti Realisasi

Hari ini tanggal 27 Desember 2020, masih menyisakan 4 hari lagi sebelum tahun berganti. Alhamdulillah pada hari ini Blogger Borneo dapat bertemu dan berdiskusi langsung dengan 2 orang sahabat lama yang sebenarnya juga memiliki keinginan sama untuk dapat mewujudkan terbentuknya Komunitas Blogger Kubu Raya ini.

Dari hasil diskusi hangat selama kurang lebih 3,5 jam akhirnya dapat diambil satu keputusan bahwa di awal tahun 2021 rencana ini harus segera direalisasikan. Mengenai kapan waktu pastinya, sampai tulisan ini dibuat masih dalam proses pemilihan hari. Insya Allah dalam waktu dekat akan segera diinformasikan.

Semoga rencana untuk menyelenggarakan kegiatan dengan tema menggagas (kembali) pembentukan Komunitas Blogger Kubu Raya ini dapat berjalan lancar dan sesuai harapan dari para founder-nya. Oleh karena itu mohon dukungan dari siapa saja yang memiliki visi misi sama terutama yang berdomisili di Kabupaten Kubu Raya. (DW)

Advertisement

2 Comments
  1. irfandi says

    selamat ya

    1. Dwi Wahyudi says

      Ma kasih Bang, semoga nantinya bisa saling kolaborasi ya. Amin…

Leave A Reply

Your email address will not be published.